Tuesday, December 28, 2004

One of The World Greatest Disasters

Sepertinya disaster yang terjadi hari Minggu pagi yang lalu [26.12.04], bisa dikategorikan sebagai salah satu bencana alam terbesar di dunia. Gempa 9 SR yang terjadi di Samudra Hindia - sebelah baratnya Sumatera - menimbulkan gelombang Tsunami yang menghantam apa aja yang dilewatinya. Dan gak tanggung-tannggung gelombang besar itu terus bergarak jauh ke barat sampai ke Afrika Timur.... ck..ck..ck..


Bencana kali ini menimbulkan petaka bagi 10 negara. Indonesia, India dan Srilanka paling banyak memakan korban jiwa.




Bagi Indonesia sendiri, sepertinya ini ujian buat kita semua, sebagai bangsa Indonesia. Terlebih menjelang tutup tahun dan menyambut tahun baru. Pada umumnya orang akan merayakan tahun baru dengan sukacita. Tapi untuk tahun ini kayanya bakal berduka banget.

Semoga kita semua bisa instropeksi masing2. Dan tentunya harus lebih dekat lagi pada Tuhan. Pengaharap itu tetap ada, hanya tergantung pada bagaimana kita berharap dan pada siapa kita berharap. Tuhan tetap akan adil dan baik. Selama kita sebagai umatNya tetap setia dan taat.

Kembali ke soal disaster itu. Kalo mungkin ada yang udah nonton Deep Impact or The Day After Tomorrow, kira2 seperti itu lah gelombang laut yang menerjang daratan. Beberapa saksi mata mengklaim bahwa tinggi ombak bisa mencapai 4-10 meter... ck..ck..ck..

Overall, sebagian dari kita mungkin ada yang terkena dampak langsung. Mungkin ada keluarga yang menjadi korban di sana atau mungkin ada teman yang juga menjadi korban di sana. Tapi kita pun tidak bisa berbuat banyak. Emang sih udah cukup banyak dana yang terkumpul. Tapi kalo diliat2 lagi, dana itu tidak langsung bisa membantu mereka.

Dari liputan2 di TV kita hanya bisa melihat mereka pasrah dan bingung. Nggak banyak orang yang bisa turun tangan secara langsung untuk membantu mereka. Belon lagi di daerah yang sudah hancur rata dan susah untuk dijangkau. Siapa yang bisa ke sana. Kalo pun ada dana, seperti untuk sementara ini mereka hanya bisa menunggu dalam kebingungan dan kepasrahan yang gak jelas.

Mereka masih di sana. Menunggu sesuatu. Dan mungkin mereka menunggu hal2 yang nggak jelas.

Sama seperti kita di sini, hanya bisa melihat mereka dari TV dan kita pun menunggu. Kita menunggu untuk melihat apa yang mereka tunggu.

-----------
Gempa ini tercatat sebagai gempa terbesar ke-4 yang pernah dicatat dunia sejak 1899. Dan yang terdasyat sejak 1964. Demikian CNN.
Tsunami Asia menurut analisa yang ditulis di Wikipedia.

0 comments: