Friday, August 20, 2004

Sudah Merdeka kah.?

17-an kemaren gue ke Carita bareng anak2 Teater Lilin. Sekedar kumpul2 aja siy. Soalnya grup yang pergi ini, grup senior nya Teater Lilin. Udah lama gak kumpul, jadi mumpung libur, ya pergi aja. Kita ke Carita, tepatnya nginep di Lippo Carita.

Kebayang gue siy, mustinya bakal rame di antara Anyer-Carita itu. Paling nggak rame sama suasana Dirgahayu RI ke-59 lah. Daerah Anyer-Carita kan bisa dibilang termasuk daerah "pinggiran", yang umumnya kalo ada event nasional ini biasanya rame sama acara perlombaan.

Tapi ternyata nggak. Sepanjang lingkungan tempat gue nginep, gak keliatan yang namanya lomba balam karung, makan kerupuk, apalagi panjat pinang. Bahkan dari malam sebelumnya daerah Anyer-Carita bisa dibilang sepi dari aktivitas persiapan acara 17-an. Kemana kah mereka semua.? Apa emang masa2 kini 17-an itu udah jadi hal yang biasa aja.?

Di Jakarta sendiri, di lingkungan gue tinggal, juga gak terlalu kerasa adanya event penting ini. Sekitar 2 taon lalu, gue masih bisa liat kesibukan warga setempat yang bikin gapura, pasang bendera2 kecil sepanjang gang, or siapin bambu panjang untuk panjat pinang. Tapi sepintas gue inget, kayanya kali ini gak ada deh. ..

Persiapan mereka untuk pasang2 atribut 17-an, keliatan banget seadanya. Sementara yang namanya Gapura, di lingkungan gue gak ada.!! Paling ada, mungkin pake Gapura taon lalu, dicat ulang plus ditambahin bendera2 kecil.

Emm... kenapa yak.? Apa orang2 Jakarta dan sekitarnya udah pada bosen mengenang kemerdekaan ini, karena kita semua pada sadar, kalo ternyata negara ini belon merdeka seutuhnya...

Tapi ini cuma pandangan sekilas dari gue. Dan mungkin hanya kebetulan di daerah2 yang gue lewatin. Sementara, Jakarta dan Indonesia kan luas banget. Dan gue gak tau kondisi sebenernya di daerah2 lain. Karena setelah 17-an, gue juga gak liat liputan di tivi or koran mengenai 17-an taon ini di Indonesia.

=========
Sekedar buat ingetin acara Carita aja, gue kasih link buat liat foto2nya di Carita.

=========

0 comments: