Monday, June 16, 2008

Perjuangan

Ada perjuangan yang pasti berakhir. Tapi ada juga perjuangan yang tidak pernah selesai.

Perjuangan itu sendiri tidaklah selalu karena sebuah pertikaian. Untuk memilih dan menentukan, itu juga butuh perjuangan. Karena harus dipikirkan dan dipertimbangkan, kita bukan sekedar memungut pilihan itu – atau bahkan untuk sekedar memungut sesuatu, seringkali butuh perjuangan kan?

Entah aku ada dimana? Entah aku sudah cukup bejuang? Aku ingin berhenti berjuang, paling tidak untuk satu hal ini. Karena akan banyak lagi hal yang harus kuperjuangkan di depan, tidak untuk satu hal itu saja.

Seorang teman tiba-tiba bertanya, “Bagaimana sekarang? Masih memperjuangkan hal yang sama?”

“Entahlah…”, kataku tak bersemangat.

Apakah tak bersemangat itu merupakan tanda aku harus berhenti berjuang? Setelah sekian lama banyak yang ku “korban” kan demi sebuah perjuangan ini? Hanya “entahlah” yang masih bisa kujawab.

Aku tahu, ada hal sepertinya masih kurang kuperjuangkan. Aku hanya mengharapkan mujizat kemenangan. Tapi tidak selalu kan mujizat itu kan menghampiri kita?

Sekarang aku hanya tidak tahu… dan memang TIDAK TAHU.

Kata orang, perjuangkan ku akan mubazir, jika kuakhir sekarang. Kalah sebelum berperang, demikian istilah mereka. Tapi… hey.. bukankan aku sudah berjuang? Bukankah wajar jika ada menang dan ada kalah. Dan mungkin kali ini kalah adalah milikku.

“Iya..!! Tapi kamu belum pernah terjun di medan perangnya..!!” hardik mereka.

“Lantas..?” tanyaku.

“Kamu masih sebatas menyusun strategi dan rencana. Itu yang kamu namakan berjuang?”

“Entahlah…”, kataku tak bersemangat.

Saat ini yang ku butuhkan hanyalah semangat. Semangat yang bisa membuatku tetap maju berjuangan. Mungkin memperjuangkan hal yang sama, tapi dengan lawan yang berbeda. Karena memang sepertinya perjuangan ku adalah perjuangan yang tak pernah selesai.

Entahlah…

Yang pasti sudah banyak perjuangan lain yang menanti. Entah aku siap atau tidak, sepertinya semua perjuangan itu harus ku jalani bersama. Dan untuk semuanya, aku berharap menang. Atau paling tidak aku bisa mengakhiri perjuangan itu dengan damai.

Blogged with the Flock Browser

1 comments:

Anonymous said...

Jangan pernah berhenti berjuang sobat, ataupun patah semangat di tengah jalan. Karena hidup itu sendiri emank perjuangan kan ? Jika merasa lelah dan kalah, ambil waktu untuk istirahat sejenak, setelah itu kumpulkan semangat baru untuk melanjutkan terus berjuang.
So tetap bersemangat untuk terus berjuang yah ^_^