Thursday, August 09, 2007

Sebuah Persinggahan

Dalam sebuah perjalanan, kerap kali kita harus berhenti sejenak. Apalagi kalo perjalanan yang kita jalani sudah cukup jauh dan melelahkan. Berhenti sejenak dipersinggahan sungguh suatu hal menyenangkan. Paling tidak itulah bayangan kita. Sebuah persinggahan yang menyediakan fasilitas untuk melepas lelah dan penat. Dan mungkin sebuah tempat yang indah untuk dilihat. Yang akhirnya bisa mengembalikan semanggat dan tenaga kita untuk melanjutkan perjalanan baru.

Itulah bayangan kita... dan harapan kita.

Hanya saja belum tentu apa yang kita bayangkan menjadi kenyataan. Tidak semua tempat persingahan sama. Dan kali ini, mungkin kita menemukan apa yang jauh dari bayangan kita.

Tapi perjalanan sudah begitu jauh, dan bagaimana pun juga kita harus berhenti. Entah itu berhenti untuk waktu yang lama atau hanya sejenak. Kita tidak mungkin memaksa diri untuk terus berjalan dan hanya berharap akan mememukan perhentian yang indah. Sampai kapan?

Ketika waktunya tiba, dimanapun perhentian itu, harus kita singgahi. Paling tidak bisa menjadi suatu tempat bagi kita untuk mengambil keputusan dan rencana berikut. Rencana bagaimana meneruskan perjalanan yang sudah cukup jauh ini, atau mungkin harus kembali memulai perjalanan dari awal.

Tapi terkadang hanya berharap sudah cukup membuat perjalanan ini indah.

0 comments: