Wednesday, March 09, 2005

Ceng Go.!!!

Bluehhh....

Terhitung mulai kemaren malem [Selasa, 8.3.05], tarif angkot yang biasa gue tebengin udah naek jadi ceng-go... untuk jarak deketnya. Tau tuh untuk yang paling jauh berapa. Gue belon sempet liat daftar tarif baru yang ditempel di pintu or kaca angkot itu.

Ya, begitulah... BBM naek, semua harga juga naek... Gaji aja nih yang gak naek2.!!!

Secara umum sebenernya, kalo pemerintah ngurangin subsidi di BBM, ada bagusnya. Dengan begitu subsidi yang biasanya dikasih ke minyak, sekarang semestinya bisa dikasih ke sektor yang lebih butuh. Dan sektor ini lebih menyangkut untuk kepentingan rakyat banyak.

Dari data yang gue baca di koran, nilai subsidi itu gede banget. Bisa sampe triliunan rupiah. Bisa dibayangin dong gunanya duit sebanyak itu. Kalo cuma dipake buat men-suply kebutuhan minoritas, ya sebenernya gak adil kan. Soalnya rata2 subsidi itu lebih keliatan untuk nalangin harga bensin mobil. Nah, yang punya mobil kan gak semua orang. Dan bisa dibilang, kalo ada yang bisa punya mobil, ya berarti rata2 tingkat ekonomi dia kan lebih baik daripada rakyat mayoritas lain.

Tapi emang sih ada kendala juga. Naiknya harga BBM, juga berdampak ke harga2 lain kebutuhan pokok lainnya. Sementara yang namanya kebutuhan pokok, ya semua orang perlu kan. Gak peduli rakyat kecil or orang kaya. Harga naik ini yang jadi masalah bagi rakyat kecil. Yang notabene sebagai penghuni mayoritas di Indonesia.

Emang sih ini jadi dilema besar. BBM naik, harga kebutuhan pokok naik. BBM gak naik, subsidi pemerintah untuk hal yang lebih berguna gak bisa disalurkan.

Sebenernya ini butuh tahap. Dan tahap ini mungkin bisa untuk beberapa generasi. Sekarang tinggal orang2 generasi sekarang ini lah, apakah mau berkorban untuk lebih susah dulu, tapi kemungkinan besar untuk anak-cucu nya nanti mereka bisa hidup lebih baik.

Itu juga kalo soal pengolahan subsidi ini bener2 diterapin. Kalo nggak... ya sampe kapan pun BBM naik, orang juga naik... naik pitam..!!!

0 comments: